WAYANG BUDAYA JAWA YANG MENDUNIA

Surabayamuda.com – Wayang adalah salah satu dari jutaan kesenian di Indonesia yang namanya sudah sangat tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat Indonesia bahkan mancanegara. Kesenian yang berasal dari tanah Jawa ini menjadi salah satu ikon kebanggaan bagi bangsa Indonesia, kesenian wayang sendiri juga sudah sangat mendunia, hal itu dibuktikan dengan banyaknya turis asing yang datang ke Indonesia untuk mempelajari kesenian wayang ini.

Bagi masyarakat Indonesia khususnya adat jawa, kesenian wayang mempunyai berbagai filosofi atau makna yang besar, mulai dari karakter tokoh, musik, bahkan alur cerita dalam kisah pewayangan itu sendiri. Masyarakat adat Jawa menganggap bahwa kisah dalam pewayangan merupakah cerminan dalam realita kehidupan masyarakat di dunia ini.

Seperti dalam kisah pewayangan “Mahabaratha”yang menceritakan keidupan pandawa dan kurawa yang memperebutkan kekuasaan. Sengkuni dengan keangkuhannya, yudisthira dengan sifat bijaksananya, serta bima sang ksatria yang agung dan memiliki wibawa yang besar.

Kesenian wayang memang sudah jarang sekali di pentaskan dalam beberapa acara, kesenian wayang di anggap sebagai tradisi kuno yang hanya di gemari oleh kalangan dewasa bahkan orang tua saja. Namun, sebagai generasi muda yang aktif dan turut berpartisipasi dalam hal menjaga kelestarian budaya Indonesia, kita dapat melakukan berbagai hal untuk menjadikan kesenian wayang ini sebagai salah satu seni yang digemari oleh kalangan manapaun. Contohnya dengan mengadakan pertunjukan wayang kulit di berbagai kota atau kabupaten. Dengan tidak menghilangkan tradisi dan tetap di kemas secara menarik kesenian wayang dapat berkembang lagi di masyarakat Indonesia.

 

 

Penulis : Agis Savira

 

 

 

Add Comment