Surabayamuda.com – Pergantian tahun membuat semangat baru untuk memperbaiki diri lebih baik tentunya. Beberapa orang lebih memanfaatkan momen ini untuk membuat resolusi, mengenai hasil tidak jarang gagal meraihnya. Hal terpentingnya adalah sobat muda harus menikmati prosesnya.

Nah, sobat muda perlu tau nih. Tips-tips agar resolusi tahun baru kalian tercapai. Simak yuk

  1. Fokus pada satu hal

Memikirkan banyak hal sangat diperlukan, tetapi membuat kita bingung membagi fokus untuk apa yang harus dicapai dan malah jadi terbengkalai. Sobat muda bisa membagi satu tahun menjadi beberapa bagian bulan untuk fokus ke beberapa hal. Contohnya ketika ingin fokus untuk menghasilkan karya pada 6 bulan pertama, lalu dilanjut dengan target yang akan dicapai selanjutnya.

  1. Rencanakan cara untuk mencapai resolusi

Merencanakan bagaimana cara untuk mencapai resolusi tersebut, ini juga bagian penting. Ingat juga bahwasannya rencana itu gagal tidak apa-apa, itu sebagian dari prosesnya. Tuliskan terlebih dahulu resolusi untuk tahun baru, dengan minimal 3 cara mencapai resolusi di kertas. Contoh ketika sobat muda ingin memulai hidup sehat, tentu cara mencapainya dengan rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat (4 Sehat 5 Sempurna), dan beristirahat yang cukup.

  1. Antisipasi hal yang akan menghalangi resolusi

Selain merencanakan hal-hal yang perlu dilakukan, mengantisipasi hal-hal yang tak terduga dan membuat resolusi berantakan. Untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, sobat muda perlu mengenal diri sendiri. Seperti, mengetahui kharakteristik, memahami kemampuan dan kekurangan, dan menghargai diri sendiri. Contoh seperti mengurangi untuk bermain gadget/handphone, bisa di antisipasi dengan mengganti membaca buku.

  1. Ceritakan pada teman dan keluarga

Salah satu kunci keberhasilan dari resolusi adalah dengan bercerita bersama orang-orang terdekat, bahkan hampir setiap hari bertemu. Supaya ada seseorang yang mengingatkan resolusi yang ingin dicapai. Tentu saja, mendapatkan dukungan dari orang terdekat adalah sebuah hal yang berharga, apalagi ketika resolusi itu tercapai akan lebih berasa.

  1. Beri hadiah untuk keberhasilan

Jika mencapai keberhasilan resolusi yang dibuat, jangan lupa membahagiakan diri sendiri dengan memberikan hadiah atas apa yang sudah dicapai. Hadiah adalah salah satu cara untuk menjaga konsisten dan memperjuangkan di hari-hari sulit. Hadiah dapat berbentuk apa saja, sesuai keinginan.

 

Beberapa tips di atas, bisa sobat muda lakuin agar resolusi tahun baru kalian bisa tercapai. Jangan lupa cek website kami di www.surabayamuda.com untuk artikel terupdatenya, jangan lupa juga follow instagram kami di @surabayamudadotcom dan youtube channel kami di surabayamuda media.

 

 

 

Penulis : Alif Sioux Ramli

Foto : Google.com

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.