SURABAYA GO INTERNASIONAL

 

Surabayamuda.com (09/06/2017). Halo Sobat Muda.. Siapa nih yang enggak kenal patung Hiu dan Buaya yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur? Ya, patung tersebut adalah sebuah ikon dari Kota yang sangat bersejarah dan terkenal dengan masyarakatnya yang beragam. Baru-baru ini, patung tersebut tidak hanya berada di Kota Surabaya, ia kini juga berada di salah satu Kota besar di Korea Selatan, Busan. Patung tersebut diketahui berada di Busan setelah Walikota Surabaya, Tri Rismaharini meletakkanya pada awal Juli lalu. Seperti dilaporkan oleh Antara News, patung tersebut merupakan cindera mata dari Pemerintah Kota Surabaya kepada Pemerintah Kota Busan setelah keduanya telah menjalin kerjasama sebagai sister city selama 20 tahun.

Patung ‘Suro’ dan ‘Boyo’ tersebut diberikan oleh Tri Rismaharini kepada Walikota Busan Hur Nam Sik dan diletakkan di salah satu sudut Busan Indonesian Center, Korea Selatan. Menariknya lagi, patung tersebut merupakan karya asli dari salah satu seniman lokal Surabaya. “Patung Suro dan Boyo itu kini sudah terpasang di Busan Indonesian Center. Patung itu adalah hasil karya seniman lokal Kota Pahlawan bernama Agung Tato,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya, Wiwiek Widyawati.

Replika dari patung monumen Suro dan Boyo tersebut diketahui memiliki tinggi 2,6 meter dengan diamater sepanjang 0,75 meter. Patung tersebut kemudian diletakkan kembali ke atas sebuah alas yang memiliki diameter sepanjang 3 meter. “Proses pengerjaan patung tersebut sepenuhnya dilakukan di Surabaya. Ketika sudah selesai, baru dikirim ke Busan, Korea Selatan.” jelas Wiwiek lagi.

Busan dan Surabaya sejauh ini diketahui sudah saling menjalani banyak kerjasama di berbagai bidang. Salah satunya tentu saja adalah pariwisata. Setiap kali ada event kebudayaan di masing-masing kota, kedua pemerintah kota tersebut pasti langsung mengirimkan delegasinya untuk ikut meramaikan. Wah semoga hubungan Antara Surabaya Indonesia dengan Busan Korea Selatan semakin harmonis ya, sobat muda.

 

Artikel / Foto : Femalda / Sahrul

Add Comment