Stop Body Shaming!

Surabayamuda.com – Halo sobat muda, kalian pernah gak sih dapet komentar buruk mengenai bentuk tubuh kalian di postingan foto yang kalian unggah di social media kalian? Atau biasanya sering kita sebut dengan body shaming, Body Shaming sendiri adalah tindakan mengejek/menghina dengan mengomentari fisik (bentuk tubuh maupun ukuran tubuh) dan penampilan seseorang.Tindakan Body Shaming sendiri kini bisa menjadi salah satu tindakan kriminal jika sang korban tidak terima dan melaporkannya ke pihak kepolisian, maka pelaku akan dijerat dengan pasal UU ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik).

Pasal 27 Ayat 3 UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 sebagaimana telah diubah oleh UU Nomor 19 Tahun 2016 berbunyi: Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektornik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750.000.000 (juta).

 

Nah mungkin beberapa dari kalian gak sadar pernah melakukan hal itu ke teman kalian atau orang yang gak kalian kenal sekali pun, mulai sekarang kalian harus lebih berhati-hati ketika mengomentari orang di social media ya. Disamping adanya hukuman yang bisa kalian terima, banyak hal yang tidak kita sadari pula dapat mengganggu pikiran dan mental sang korban.

 

Penulis : Savira Moza

Photo By : www.suaramerdeka.com

Add Comment