SELAMAT HARI BURUH INTERNASIONAL

Surabayamuda.com 01/05/2017. May may may.. May day!!! Ketika mendengar “may day” kira-kira apasih yang terlintas di pikiran sobat muda? Pasti banyak hal yang terlintas. Masih ada banyak diantara kita yang memikirkan bagaimana cara menghabiskan uang bulanan, tahukah sobat muda kalau may day adalah hari buruh yang ditetapkan pada tanggal 1 mei?

May Day lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. Perjuangan-perjuangan pekerja dapat kita lihat dari beberapa peristiwa yaitu :

-Peristiwa HayMarket

Pada tanggal 1 Mei tahun 1886, sekitar 400.000 buruh di Amerika Serikat mengadakan demonstrasi besar-besaran untuk menuntut pengurangan jam kerja mereka menjadi 8 jam sehari. Aksi ini berlangsung selama 4 hari sejak tanggal 1 Mei. Pada tanggal 4 Mei 1886. Para Demonstran melakukan pawai besar-besaran, Polisi Amerika kemudian menembaki para demonstran tersebut sehingga ratusan orang tewas dan para pemimpinnya ditangkap kemudian dihukum mati, para buruh yang meninggal dikenal sebagai martir. Sebelum peristiwa 1 Mei itu, di berbagai negara, juga terjadi pemogokan-pemogokan buruh untuk menuntut perlakukan yang lebih adil dari para pemilik modal.

-Kongres Sosialis Dua

Pada bulan Juli 1889, Kongres Sosialis Dunia yang diselenggarakan di Paris menetapkan peristiwa di AS tanggal 1 Mei itu sebagai hari buruh sedunia dan mengeluarkan resolusi berisi Sebuah aksi internasional besar harus diorganisir pada satu hari tertentu dimana semua negara dan kota-kota pada waktu yang bersamaan, pada satu hari yang disepakati bersama, semua buruh menuntut agar pemerintah secara legal mengurangi jam kerja menjadi 8 jam per hari, dan melaksanakan semua hasil Kongres Buruh Internasional Perancis. Resolusi ini mendapat sambutan yang hangat dari berbagai negara dan sejak tahun 1890, tanggal 1 Mei, yang diistilahkan dengan May Day, diperingati oleh kaum buruh, Di beberapa negara may day adalah sebuah hari libur tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Di Indonesia sendiri, untuk merayakan may day tiap tahunnya kita selalu menyaksikan fenomena aksi demo dimana-mana, tujuan demo sendiri tidak lain adalah untuk meminta kesejahteraan buruh, jaminan sosial, hak-hak buruh dan lain-lain. So guys untuk kamu sobat muda yang ikut andil dalam demo jangan lupa “boleh saja menyuarakan suara asalkan tidak rasis”.

 

Artikel / Foto : Yuniar K.S / Ayu

Add Comment