SEJARAH HARI RADIO NASIONAL

 

Hallo sobat muda……. Hari Radio Nasional  diperingati pada tanggal 11 september setiap tahun  juga merupakan Hari Radio Republik Indonesia atau bisa di sebut juga Radio RRI , karena peringatan Hari Radio Nasional bertepatan dengan bertepatan hari pendirian RRI ditahun 1945. Nah pendirian RRI ini dipicu oleh kelangkaan informasi dikalangan masyarakat setelah indonesia merdeka. Karena siaran Radio Hoso kyoku yang telah dihentikan sejak tanggal 19 agustus 1945.  Mirisnya informasi yang tersebar pada saat itu justru melalui Radio – Radio luar negeri yang memberitakan tentara inggris atas nama sekutu akan menduduki pulau Jawa dan sumatera. Dengan melucuti tentara jepang dan menjaga sampai pemerintahan belanda kembali  berkuasa di indonesia.

Selain itu tersebarnya informasi bahwa sekutu masih mengakui kedaulatan Belanda atas Indonesia dan kerajaan Belanda mendirikan dengan nama Netherlands Indi Civil Administration ( NICA )Itulah yang kemudian menjadi dasar bagi Warga Negara Indonesia yang telah memahami seluk beluk radio, terutama dulunya memang aktif terlibat di Radio Hosu Kyoku, dapat disadari bahwa pentingnya bagi pemerintah untuk membuat satu Radio dari pemerintah dan juga sebagai paduan bagi rakyat untuk mengambil tindakan.

Selanjutnya diadakan pertemuan antara delegasi warga yaitu Soetarji Hardjolukita, Adang Kadarusman , Soehardi, Sudomomarto , Soemarmadi, Maladi dan Harto yang dipimpin oleh Abdulrahman Saleh dengan pemerintah Indonesia tepatnya sekretaris negara pada tanggal 11 september 1945 di bekas gedung Raad Van Indje Pejambon, Jakarta. Abdulrahman Saleh sebagai Ketua Delegasi memohon pada pemerintah untuk mendirikan radio untuk digunakan sebagai alat komunikasi antara pemerintah dan rakyat. Dan saat itu stasiun radio merupakan pilihan terbaik, karena merupakan teknologi media komunikasi yang cepat dan tidak muda terputus saat pertempuran. Secara operasional untuk menutut jepang agar dapat menggunakan studio dan pemancar yang dimiliki oleh radio Hoso Kyoku. Hasil pertemuan tersebut adalah sebagai berikut :

Dibentuknya persatuan Radio Republik Indonesia yang melakukan siaran dari 8 stasiun di jawa. Menyerahkan RRI kepada presiden dan pemerintah RI sebagai alat komunikasi dengan Rakyatnya. Memutuskan Abdulrahman saleh menjadi koordinator komunikasi dari pemerintah RRI Nah meski pemerintah tidak sependapat dalam beberapa hal, pemerintah tetap menyetujui simpulan dan kesediaan membantu RRI.

 

Artikel : Diana

Add Comment