Review Beberapa Prosesor Smartphone

Surabayamuda.com, 26/05/2014 – Bingung mau beli HP yang Murah tapi gak murahan? Jangan bingung, nih ada tips tentang memilih Prosesor untuk Smarphone, belum tau apa itu Prosesor? Prosesor adalah otak dari sebuah smartphone. Seperti otak manusia, prosesor mengatur kerja smartphone. Semakin cepat clockspeed prosesor, semakin baik kinerjanya. Prosesor memiliki banyak jenis, dari single-core, Dual-Core sampai Octa-Core. Dual-Core artinya mesin/otak prosesor ada dua. Jadi semakin cepat kinerjanya. Lebih jelasnya contohnya seperti ini, prosesor sama dengan gotong royong, yaitu semakin banyak semakin baik.

Nah ini ada beberapa review dari beberapa Prosesor :

Qualcomm

Prosesor ini merupakan CPU Android yang sering digunakan oleh banyak produsen smartphone ataupun tablet Android. Prosesor buatan Amerika ini sekarang sudah meluncurkan 4 generasi, yaitu Snapdragon S1, Snapdragon S2, Snapdragon S3, dan Snapdragon S4. Tidak ada yang meragukan kualitas dari prosesor ini, karena kualitasnya yang memang memiliki kemampuan lebih baik dari CPU lainnya.

Grafik yang ditopang dari prosesor Qualcomm adalah anak buah dari ATI, yaitu Adreno. Jika Anda seorang gamers, sepertinya Anda memilih gadget yang tepat dengan menggunakan CPU Snapdragon dari Qualcomm ini. Qualcomm mengklaim prosesor single-core nya memiliki clock 1.4Ghz dengan performa yang lebih baik dari prosesor lain yang sudah dual-core. Contoh gadget yang menggunakan Qualcomm adalah Samsung Galaxy W, Motorola Fire XT, HTC Sensation XE.

Tegra

Prosesor ini adalah produkan dari Nvidia. Untuk prosesornya sendiri saat ini sudah menelurkan seri Nvidia Tegra APX, Nvidia Tegra 2, dan Nvidia Tegra 3. Untuk Nvidia Tegra 4 sedang dalam tahap pengembangan agar mampu bekerja multi-core. Prosesor Nvidia Tegra memiliki konsumsi daya yang minimum, sehingga cocok untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan multimedia Anda, baik untuk bermain games atau memutar video HD. Sayangnya, gadget Android yang menggunakan prosesor ini terbilang menengah ke atas, salah satu contohnya adalah HTC One X yang disisipi Nividia Tegra 3.

Saat Anda menggunakan smartphone tersebut kinerja yang dihasilkan sangat maksimal dan tentunya daya yang diserapnya sangat minimal sekali sehingga baterai yang digunakan pun tidak perlu yang memiliki kekuatan diatas 2.000mAh agar dapat stand-by lebih lama. Sedangkan untuk menengah ke bawah, kini Acer Iconia Tab A200 dapat Anda lirik dengan menggunakan processor Nvidia Tegra 2 dual-core.

Exynos

Exynos merupakan prosesor buatan Samsung Electronics dan secara khusus digunakan untuk Samsung Mobile. Prosesor ini menawarkan beberapa kelebihan yang mungkin dapat membuat Anda tertarik memiliki produk dengan prosesor Exynos ini. Sensasi bermain game 3D akan terasa lancar tanpa adanya lag, karena GPU yang digunakan adalah GPU Mali 400 yang tentunya sudah banyak gadet yang menggunakan grafis dari Mali seperti iPad 2 dan Samsung Galaxy SII. Lalu, kinerja terbaik yang dapat dilakukan oleh prosesor ini adalah multitasking pada gadget Android Anda, baik itu smartphone ataupun tablet. Walaupun prosesor ini sudah mendukung multi-core, tetapi daya yang diserapnya terhitung efisien. Salah satu gadget yang menggunakan processor ini adalah Samsung Galaxy SIII (Exynos 4212 Quad-core).

Mediatek

Salah satu produsen prosesor besar dari Asia selain Samsung yang banyak digunakan oleh para produsen gadget adalah Mediatek atau yang biasa disingkat MTK. Perusahaan yang berbasis di China ini adalah produsen prosesor kelas wahid tetapi memiliki harga yang murah. Jika Anda melihat spesifikasi gadget-gadget lokal seperti IMO, Mito, ataupun Acer dan Asus dari Taiwan, tentu akan terlihat bahwa prosesor yang digunakan adalah buatan Mediatek.

Khusus bagi Anda yang memiliki budget rendah untuk memiliki gadget Android, gadget dengan prosesor Mediatek adalah solusinya. Untuk kualitas Anda tidak perlu khawatir, karena prosesor ini memiliki kinerja yang baik, selain itu untuk grafisnya dibantu oleh PowerVR. Sayangnya untuk daya energi, Anda harus cermat memilih gadget Android yang memiliki suplai baterai yang besar. Konsumsi baterainya yang boros adalah minus dari prosesor ini, tetapi untuk kekuatan dalam visualisasi, tenaga baterai tersebut dialihkan untuk menghasilkan visual yang baik dan smooth. Contoh gadget yang menggunakan prosesor Mediatek adalah Acer Iconia Tab B1, IMO Tab X5 Mars, Mito A322.

Sekian review tentang Prosesor pada Smartphone. (DW)

Add Comment