Peringatan Hari Raya Nyepi Tahun 2019

Sumber : TribunNews.com

          Surabayamuda.com –  Tepat di awal bulan Maret ini yaitu tanggal 7 Maret 2019  merupakan salah satu hari libur nasional terunik di indonesia yaitu Tahun Baru Hindu. Tahun Baru hindu dikenal dengan nama Hari Raya Nyepi, jadi Hari Raya Nyepi ini dirayakan setiap tahun Baru Saka , tujuan utama dari Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan tuhan yang maha esa untuk menyucikan Bhuana Alit ( alam manusia / microcosmos ) dan buana agung macrocosmos ( alam semesta) .

Sumber: TribunNews.com

          Pada saat perayaan Hari Raya Nyepi ini tidak ada aktivitas seperti biasa ,  semua kegiatan ditiadakan seperti bekerja , pelayanan umum seperti bandara internasional Ngurah Rai di bali pun tutup , namun tidak untuk rumah sakit.  Peringatan pergantian Tahun Saka di Indonesia juga menghadirkan acara yang unik di  malam Tahun Baru nya yaitu Parade Ogoh – Ogoh , Dalam melaksanakan ritual ini, orang-orang Hindu Bali membuat sebuah patung besar yang berasal dari bamboo dan kertas. Patung ini merupakan representasi dari Iblis dan semua makhluk jahat. Patung-patung ini dikenal dengan nama “Ogoh-Ogoh”. Banyak patung Ogoh-Ogoh ini ditemui dalam bentuk parade dan dibuat oleh para kaum muda dari desa-desa di Bali. Sedangkan, Ogoh-Ogoh yang paling bagus biasanya dibuat oleh para seniman Bali.

Sumber: Balikami.com

         Setelah Ogoh-Ogoh dibuat, kemudian dibawa kesebuah parade yang dilakukan di jalan besar sehingga dapat dilihat oleh banyak orang. Masyarakat Hindu Bali percaya bahwa Ogoh-Ogoh akan menyerap semua energy negatif dari para penjaga roh iblis maupun pengawasnya. Setelah parade selesai dilakukan, Ogoh-Ogoh kemudian dibakar di atas api unggun di sebuah area terbuka. Sebagai tambahan untuk ritual pengusiran iblis dan pensucian masyarakat Bali dari gangguan iblis, maka api unggun juga dipercaya sebagai cara untuk menyenangkan Batara Kala, dewa penjaga neraka.

            well.. Parade Ogoh – Ogoh ini tidak hanya dirayakan di Bali saja , masih banyak kota yang merayakan parade tersebut salah satunya di Surabaya. Parade ini pun juga tidak hanya di nikmati oleh penganut agama Hindu saja , namun semua orang sangat menyukai parade ini.

                Masih banyak perayaan tahun baru untuk semua penganut agama lainya , terus ikuti instgram surabayamudadotcom untuk mengetahui kabar dan info terbaru, dijamin kalian selalu up to date. bye bye..

 

sumber :

https://publicholidays.co.id/id/bali-hindu-new-year/

https://id.m.wikipedia.org

 

 

 

Penulis : Natasya Mei Tryarossa

 

Add Comment