MEMPERINGATI HARI LAHIRNYA PANCASILA

 

  Surabayamuda.com(01/06/2017). Haloo sobat muda… Taukah kalian hari ini tanggal berapa? Yaa 1 Juni. Hari dimana dasar negara kita lahir. Jika kalian masih mengingat sejarahnya, 72 tahun yang lalu Presiden pertama kita Soekarno atau yang akrab di sapa Bung Karno membuat judul pidato “Lahirnya Pancasila” saat sidang Dokuritsu Junbi Cosakai yang artinya “Badan Penyelidikan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia” (BPUPKI).

Dalam sidang BPUPKI Soekarno mengemukakan pula bahwa Pancasila adalah sebagai Dasar Negara Indonesia merdeka. Tugas dari BPUPKI adalah untuk menyelidiki dan mengumpulkan usul-usul untuk selanjutnya dikemukakan kepada pemerintah Jepang agar dapat dipertimbangkan bagi kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 28 Mei 1945 keanggotaan badan ini dilantik, dan mengadakan sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945. Pidato yang tidak dipersiapkan secara tertulis terlebih dahulu itu diterima aklamasi oleh segenap anggota Dokuritsu Junbi Kosakai. Selanjutnya mereka membentuk panitia sembilan untuk menyusun Undang-Undang Dasar dengan pedoman pada pidato Bung Karno tersebut. Jadi, sobat muda setiap tanggal 1 juni diperingati hari Lahirnya Pancasila.

 

Artikel / Foto : Ayu / Renaldy

Add Comment