Membeli Pengalaman Lebih Baik Ketimbang Membeli Barang !

Surabayamuda.com 23/11/2016. Halooo Sobat Muda… Tahukah kalian bahwa membeli barang sebenarnya tidak ada salahnya, terlebih bila seseorang membeli suatu barang yang memang sangat dibutuhkan, dan bukan untuk berniat pamer. Tetapi, jangan hanya menghabiskan uang yang kamu dapat susah payah untuk sesuatu yang memiliki “masa kadaluarsa”. Berinvestasilah untuk perkembangan mental dan pola pikirmu dengan cara membeli pengalaman. Ada banyak cara membeli pengalaman selain traveling, misalnya dengan mengikuti kelas kursus untuk menambah skill, mengikuti kegiatan amal, banyak lagi kegiatan positif lainnya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa membeli pengalaman lebih baik ketimbang membeli barang :

  1. Kita Cepat Beradaptasi & Barang Baru Akan Selalu Ada

Kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan barang baru yang kamu beli, contohnya gadget barumu. Di hari-hari awal memiliki barang baru mungkin kamu akan sangat excited, tapi tidak berapa lama kemudian, kamu akan merasa biasa saja atau bahkan bosan dan menginginkan barang baru dengan versi yang lebih menarik lainnya.

  1. Memiliki Barang Membuat Kita Jadi Membanding-bandingkan

Menghabiskan uang untuk membeli barang membuatmu ingin bersaing dengan orang lain. Tidak jarang, timbul perasaan iri satu sama lain. Sebaliknya, dengan memiliki pengalaman membuat orang lain cenderung kagum ketimbang iri kepada kita. Ini dikarenakan nilai dari sebuah pengalaman tidak bisa diukur dengan angka.

  1. Pengalaman Membentuk Identitas Kita

Identitas sebenarnya tidak ditentukan berdasarkan mobil apa yang kita naiki, pakaian apa yang kita gunakan, atau gadget apa yang gunakan. Tetapi, identitas kita akan terbentuk melalui akumulasi apa yang kita lihat, alami, dan jelajahi. Memiliki smartphone terbaru tidak akan bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik, tetapi pengalaman traveling misalnya, yang akan membuka pikiranmu pada pandangan-pandangan baru.

  1. Pengalaman Akan Bertahan Lebih Lama

Berapa lama pembicaraan mengenai barang baru yang kamu beli akan bertahan, bila dibandingkan dengan cerita pengalamanmu berpetualang? Cerita tentang pengalaman selalu lebih menarik karena bersifat lebih personal. Kenangan yang kamu dapat juga akan bertahan lebih lama di pikiranmu, dan seringkali menjadi inspirasi untuk mengubah kehidupanmu.

(Artikel/Foto : Nabila)

Add Comment