Komunitas Patrol Surabaya

Halo sobat muda.. Kali ini inside bakalan meliput sebuah komunitas musik yang unik di Surabaya. Komunitas ini terbentuk pada tahun 2014, dengan anggota terdiri dari 10 orang.  Alat-alat musik yang digunakan pada komunitas musik ini beda dari yang  lainnya. Komunitas ini juga memiliki banyak alat musik tradisional dan modern. Ada sejarahnya nih dari komunitas yang mau kita bahas.

 Awal berdirinya komunitas ini adalah dengan nama Mr.Bonde. Mr.Bonde ini berdiri dari awal tahun 2014 hingga 2015.Lalu sempat vakum selama setahun lamanya karena alasan internal. Pada tahun 2017 Mr.Bonde kembali aktif dengan nama yang berbeda, yaitu Gending Sumbowo. Gending sumbowo diambil dari nama mbah buyut daerah Rungkut yaitu mbah Sumbowo, dan gending itu berasal dari alat-alat musiknya yang terdiri dari angklung, gamelan dan gong. Gending sumbowo dengan anggota baru sekitar 14 orang, yang terdiri dari remaja yang masih duduk di bangku SMP hingga yang sudah berusia 27 tahun. Mereka tidak mempunyai jadwal rutin untuk latihan, tetapi mereka sudah pernah diundang pada acara-acara resmi. Misalnya, diacara habitat II (walikota), acara bebas korupsi di kantor pajak, dan acara pahlawan ekonomi. Mereka latihan hanya pada saat akan ada acara dan lomba-lomba saja, karena memang tidak ada pelatih yang rutin untuk latihannya.

 Gending sumbowo terlihat begitu menarik, karena mereka salah satu komunitas yang masih mau mengangkat musik dengan alat-alat jawa yang unik. Tidak banyak loh pada zaman sekarang remaja yang masih mau aktif dalam mengangkat kebudayaan musik indonesia dan alat-alatnya yang khas.

 

Add Comment