HTC One Susul Xperia Z, Injak Samsung Yang Lamban

Surabayamuda.com (21-02-2013) Tahun 2013 menandai era baru dalam dunia smartphone. Kini semua berstandar layar lega antara 4.5 hingga 5 inchi, dan memiliki resolusi Full HD. Samsung yang banyak dianggap sebagai market leader dan pemimpin pasar ponsel Android, ternyata keok beberapa kali.

Gempuran dari HTC (dengan Butterfly dan One), lalu Sony (Xperia Z dan ZL), serta LG Optimus G Pro jelas bikin Samsung babak-belur. Alhasil, mereka buru-buru menjanjikan akan mengumumkan peluncuran Galaxy S4 yang rencananya diselenggarakan akhir Februari atau Maret mendatang.

HTC memperkenalkan HTC One, yang semula disebut sebagai HTC M7. Desainnya berubah, tidak mengandalkan bahan polikarbonat, melainkan memakai aluminium unibody. Artinya, dengan baterai dalam yang tidak bisa dirubah, HTC meniru ide Apple lewat iPhone selama ini… Selain itu, desain HTC One juga jelas 90% mirip dengan BlackBerry Z10 (terutama sesama warn putih). Entah apa yang ada di benak HTC sehingga terpaksa kebocoran desain yang meniru para pesaingnya.

Tapi cela tersebut sukses ditebus HTC dengan memperkenalkan One sebagai ponsel dengan layar paling tajam di dunia saat ini. Ponsel yang memakai generasi baru Qualcomm SnapDragon 600 quad-core ini juga luar biasa cepat karena dipatok berjalan 1.7GHz. Memorinya pun tergolong mewah, dengan RAM 2GB. Layar super tajam diraih HTC One berkat ukuran fisik yang “hanya” 4.7 inchi, namun memiliki resolusi Full HD (1920 x 1080) Inovasi ini nyaris muncul berbarengan dengan Xperia Z yang punya ukuran fisik lebih besar. Dengan konfigurasi seperti ini, HTC One menelan ketajaman hingga 468 dpi/ppi. Dengan menggunakan desain yang mengadopsi gaya Apple, ponsel ini tergolong sangat ringan dan kompak. Ukurannya hanya 137.4 x 68.2 x 9.3 milimeter, dan punya berat hanya 143 gram. Ketebalan ponsel ini sangat mirip dengan tebalnya BlackBerry Z10. Namun desain ponsel ini juga punya kekurangan, yaitu tidak memiliki slot MicroSD sebagai ekspansi. Satu-satunya kesempatan kamu adalah untuk memilih di antara kapasitas bawaan 16GB atau 32GB.

Secara software, HTC One menampilkan beberapa pembaruan, seperti misalnya Sense 5 yang mulai meninggalkan gaya khas UI Sense selama ini. Lalu ada BlinkFeed yang seolah-olah ingin menyaingi fitur Live Tile milik Windows Phone 8. Sense TV dan Sync Manager baru, serta masih banyak lagi. Desainnya yang terbuat dari aluminium total pun sedikit memberikan kesan yang meniru Apple iPhone 5 dengan variasi chrome di sekeliling tubuh. Sayangnya, Android yang dipakai masih versi 4.1.1. Sudah Jelly Bean memang, tapi bukan yang terbaru versi 4.2 seperti yang kita dapat di keluarga Nexus saat ini. HTC juga memperkenalkan fitur Zoe, yang memberikan fungsi live preview dan tiruan live style, memberikan sekelumit preview pada koleksi foto dan video kamu sehingga tampak hidup dan bergerak. Fitur lain dari ponsel berbaterai 2300 mAh ini adalah UltraPixel. Yang ini cukup spesial karena menggunakan lensa 28mm dengan bukaan diafragma f/2.0. Kamera ini juga dilengkapi dengan OIS (Optical Image Stabilization), sejenis dengan yang dimiliki oleh kamera milik Lumia 920.

Coba simak perbandingan spesifikasi kompletnya dengan para ponsel pesaing berikut ini:

Spesifikasi

 

Add Comment