Hari Pohon sedunia

Hai sobat muda  Pada tau nggak sih hari ini itu hari apa? Yup, Hari Pohon Sedunia diperingati pada tanggal 21 november untuk bertujuan menghormati jasa-jasa J. Sterling Morton pada tahun 1972 , seorang pencinta alam yang berasal dari amerika. Ia sangat bersemangat mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

Alasannya pun sederhana , ia berharap adanya pohon untuk berteduh, Pemecah angin dan fungsi pohon lainnya. Orang pun mulai menyetujui ajakan Moton untuk peduli pada pohon , dan semenjak itu munculah opini dan kebijakan untuk menanam pohon dan merawat pohon.

Pohon berfungsi penting untuk menyerap gas CO2 maupun gas beracun lainnya diudara. Selain itu keberadaan pohon mampu menghasilkan Oksigen atau O2 untuk sumber kehidupan bagi semua makluk di bumi.

Tujuan hari pohon ialah mengingatkan manusia akan pentingnya pohon  bagi kehidupan makhluk hidup lainnya. Untuk mengurangi pemanasan global, mencegah banjir , tanah longsor , tempat hidup fauna (burung) dan membuat iklim mikro yang baik. Seperti yang kita ketahui bahwa hutan berfungsi sebagai penyerap gas CO2  dan pengasil O2, Penyimpan atau penampung air dalam jumlah besar.

Artikel/gambar : diana ayu n

Add Comment