Festival Tari Pererat Hubungan Sister City

            Surabayamuda.com (08/07/2018). Festival Tari Remo dan Yosakoi kembali digelar. Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya bekerja sama dengan Pemeritah Kota Surabaya dan Pemerintah Kota Kochi. Ini merupakan tahun ke-60 sebagai peringatan hubungan diplomatik Jepang-Indonesia. Festival ini diselenggarakan pada hari Minggu, 08 Juli 2018 yang berlangsung di Balai Kota Surabaya. Dalam festival ini terdapat dua kategori untuk Tari Remo dan Yosakoi. Masing-masing dibagi menjadi kategori anak-anak dan dewasa.

            Konsul Jenderal Jepang, Bapak Tani Masaki juga mengakui bahwa jumlah peserta dari tahun ke tahun terus meningkat. “Tiap tahun peserta selalu meningkat, apresiasinya begitu besar. Semoga dengan begitu persahabatan antara Surabaya-Kochi makin erat.” Ungkapnya seusai pembukaan acara. Jumlah peserta dari Tari Remo sebanyak 53 peserta, dan Tari Yosakoi sendiri berjumlah 28 peserta. Festival ini dimulai dari pagi hingga sore hari. Namun semangat peserta terus menggebu hingga akhir acara. Antusiasme penonton pun juga terlihat walaupun terik, mereka tetap ingin menyaksikan festival yang diadakan hanya sekali dalam setahun ini.

            Salah satu tim Tari Remo peserta dewasa “Sugti Sekartaji” mengungkapkan bawah mereka juga benar-benar mempersiapkan untuk tampil secara maksimal. “ Tahun lalu memang kita sudah ikut, tapi kalau yang kali ini persiapannya kurang lebih 1 bulan” Ujar Deajeng salah satu anggotanya. Festival yang diadakan setiap tahun ini diharapkan dapat mempererat hubungan Sister City antara Surabaya-Kochi dan mendapat antusiasme yang hebat dari peserta maupun penonton.

 

Penulis : Ditak

 

 

Add Comment