Dapat 2 Rekor MURI Begini Suasana Festival Rujak Uleg 2019

Surabayamuda.com (18/03/2019). Dalam rangka memperingati hari jadi kota Surabaya, pemerintah kota mengadakan serangkaian acara yang diadakan setiap tahunnya, salah satunya adalah Festival Rujak Uleg yang diadakan di Jalan Kembang Jepun, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (17/3/2019) acara dimulai pagi pada pukul 08.00 WIB.  Antusias dari warga Surabaya kiap bertambah setiap tahunnya terlebih lagi tahun lalu acara ini ditiadakan.

Terbukti dari keberhasilan acara ini yang mencapai Rekor MURI pembuatan rujak uleg dengan peserta terbanyak, yang awalnya di prediksi diikuti oleh 1.600 peserta namun membeludak menjadi 1.801 peserta. Festival Rujek Uleg kali ini mendapatkan Rekor MURI dengan cobek raksasa dengan diameter 250 cm, berat 1,5 ton, dan tinggi 30 cm. Walikota Surabaya Tri Risma Harini juga menambahkan bahwa rujak uleg sendiri telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah, yang menyatakan bahwa rujak uleg sudah hak paten milik warga kota surabaya, dimana tidak bisa dikleim kota maupun negara lain sebagai makanan khas mereka.

Peserta Festival Rujak Uleg ini tidak hanya diikuti oleh kecamatan dan kelurahan seluruh Surabaya, namun diikuti juga oleh komunitas warga negara asing dan komunitas daerah yang ada di Surabaya. Mereka tampil dengan beraneka ragam kostum yang unik dan menarik, mulai dari kostum budaya Indonesia, kostum negara lain, hingga kostum daur ulang dari sampah.

Ditambah lagi dengan iringan lagu, semangat peserta semakin membara. Mereka membuat rujak sambil berjoget yang membuat acara ini semakin meriah. Tidak cuma itu para pengunjung yang datang juga bisa mencicipi rujak yang dibuat oleh peserta ini secara gratis. “Ini pertama kali saya hadir di Festival Rujak Uleg, acara ini bagus dan meriah, dan juga suatu kebanggaan tersendiri bahwa warga Surabaya masih mau melestarikan budaya kita, kan ini juga salah satu makanan khas dari Surabaya” – ujar Natasya, salah satu pengunjung yang hadir disana.

 

 

 

Penulis: Savira Moza

 

Add Comment