EKSPERIMEN BALON

Surabayamuda.com 06/11/2016. Halooo Sobat Muda.., ada Eksperimen terbaru nih dari Mr. Kunam. Kali ini, Mr. Kunam akan membuat Eksperimen yang bertemakan balon. Balon adalah benda yang sering digunakan untuk bermain oleh anak-anak, selain itu balon merupakan salah satu properti wajib dalam acara pesta ulang tahun. Tak hanya untuk bersenang senang, ternyata balon juga bisa digunakan suntuk membuat eksperimen yang menakjubkan. Seperti 3 eksperimen yang telah dilakukan oleh Mr. Kunam pada episode ke – 2, yang bisa kalian saksian di link youtube SurabayaMuda Media

.

  1. Balon Berisi Gas/Udara

Kalian sudah tahu bukan jika balon yang berisikan gas/udara diletakkan diatas permukaan 1 buah paku payung akan meletus. Tetapi akan beda ceritanya saat balon diletakkan diatas permukaan paku dengan jumlah yang banyak, balon terbukti tidak meletus. KENAPA ? Ketika balon ditusuk dengan satu paku payung maka, luas permukaan paku yang menyentuh balon sangat kecil. Jadi, tekanan yang dihasilkan oleh paku terhadap balon semakin besar, dengan gaya sedikit saja yang dhasilkan oleh satu buah paku akan membuat balon meletus. Sedangkan balon yang diletakkan diatas paku payung dengan jumlah yang banyak, luas permukaan paku yang mengenai balon semakin besar. Jadi, tekanan yang dihasilkan oleh paku terhadap balon semakin kecil, sehingga membutuhkan gaya yang cukup besar untuk membuat balon meletus.

  1. Balon Berisi Air Jika Dipanaskan dengan Lilin Tidak Meletus

Balon yang berisi udara jika dipanaskan dengan lilin akan meletus. Namun, jika Balon yang diisi air dan dipanaskan menggunakan Lilin tidak meletus. KENAPA ? Ada 2 sebab yaitu :

  1. Memuainya udara di dalam balon yang menyebabkan tegangan permukaan balon semakin     tinggi hingga pada titik jenuhnya balon meledak. Sedangkan pada balon berisi air, jumlah kalori / panas yang dibutuhkan untuk memuaikan air lebih besar dibandingkan dengan udara,   sehingga butuh kalor / panas / api yang lebih besar dan lama untuk menjadikan air di dalam balon dan memecahkannya.
  2. Permukaan balon yang biasanya terbuat dari bahan plastik, karet, atau sejenisnya menjadi   lumer dan menipis jika terkena panas sehingga tekanan udara yang ada di dalam balon menyebabkan balon meledak. Sedangkan pada balon berisi air kalori yang diberikan pada permukaan balon sebagian diredam dan diserap oleh air yang ada di dalam balon. Maka impact panas lilin ke permukaan balon semakin kecil dan penipisan juga semakin kecil sehingga butuh kalor / panas / api yang lebih besar dan lama untuk memecahkan balon.

 

  1.  Balon Berisi Air Diletakkan Diatas Permukaan Paku Yang Banyak

Sama halnya seperti balon yang berisi udara. Ketika balon berisi air ditusuk dengan banyak paku payung, luas permukaan paku yang mengenai balon semakin besar. Jadi, tekanan yang dihasilkan paku terhadap balon menjadi kecil dan membutuhkan gaya yang cukup besar untuk   membuat balon meletus. Semakin besar tekanan yang dibuat paku payung, semakin sulit pula balon itu meletus, dan memerlukan gaya yang besar pula untuk membuat balon tersebut meletus.

(Artikel Sojo)

Cek juga Eksperimen seru dari Surabayamuda di Yotube ya… https://www.youtube.com/watch?v=8uHwVJ6htI4

Add Comment