AKSI DEMO “TURUN KE JALAN” DI JAWA TIMUR

Surabayamuda.com – Kamis, 26 September 2019, hampir seluruh mahasiswa yang ada di Jawa Timur melakukan aksi demonstrasi konsolidasi “turun ke jalan”. Aksi gabungan tersebut terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum. Salah satu kampus wartawan tertua di Surabaya yaitu Stikosa Aws Surabaya juga turun ke jalan untuk demo. Mahasiswa/i dari kampus Stikosa Aws berkumpul di kampus pada pukul 09.00 WIB berangkat dari kampus ke lokasi demonstrasi pada pukul 09.57 WIB. Pada demo kali ini, aliansi mahasiswa Stikosa Aws menyuarakan aspirasinya untuk membela kebebasan Pers.

 

 

Sempat terjadi kericuhan yang di sebabkan oleh beberapa orang yang berada di barisan mahasiswa. Beberapa demonstran yang dianggap provokatif sudah di amankan oleh aparat kepolisian yang berjaga-jaga di depan gedung DPR Provinsi Jawa Timur. Begitu banyak mahasiswa dan masyarakat yang menolak habis-habisan tentang RUU dengan pasal-pasal yang mereka anggap tidak adil atau bahkan tidak memiliki bobot untuk ditetapkannya. Mahasiswa dan masyarakat yang ikut demo berlangsung sampai pada siang hari, begitu panasnya terik matahari yang menyengat itu tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap terus menyuarakan aspirasinya.

 

 

Hingga pada saatnya wakil ketua DPR Provinsi Jawa Timur, Kusnadi, SH, M.Hum menemui para mahasiswa pada pukul 15.54 WIB. Beliau bermusyawarah dengan para mahasiswa perihal RUU yang dituntut oleh mahasiswa dan masyarakat di depan gedung DPR Provinsi Jawa Timur. Hasil dari musyawarah tersebut yakni DPR Provinsi Jawa timur telah menyutujui untuk menolak RUU dan RKUHP. Para mahasiswa dan masyarakat yang tergabung di demo tersebut, langsung menyambut gembira dan mengucapkan terima kasih kepada wakil ketua DPR Provinsi Jawa Timur. Mereka berharap akan ada tindak lanjut yang bisa segera diselesaikan dengan se adil-adilnya untuk masyarakat di Indonesia ini.

 

 

 

Penulis : Nafis Dwi Hermawan

Photo : Nafis Dwi H/Ismu Putra H

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add Comment