Mengenang Tokoh Pahlawan Pecipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

 

Surabayamuda.com – Track Surabaya Muda kali ini menjelajahi Museum rumah WR. Soepratman sang pencipta lagu sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia, museum ini merupakan rumah dimana komponis pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf  Soepratman  meninggal. WR Soepratman dilahirkan di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Purworejo lahir pada bulan Maret 1903 dan wafat di Jalan Mangga 21 Surabaya. Kini rumah tersebut menjadi musuem sekaligus menjadi bangunan cagar budaya di Surabaya.

Ada beberapa fakta dari Museum rumah wafat Wage Rudoflf  Soepratman :

1. Rumah wafat WR Soepratman adalah rumah milik kakak pertamanya

Rumah tersebut milik kakak pertama WR Soepratman yaitu Roekiyem Soepratijah. Pada tahun 1937 WR Soepratman pindah dari pemalang ke Surabaya dan tinggal ditempat rumah kakaknya yang saat ini menjadi museum. Dulu rumah tersebut dihuni oleh 4 orang yaitu Roekiyem, WR Soepratman, anak dari Roekiyem yang bernama Dedi Ferdinand, dan suami Roekiyem yang bernama W.M Van Eldik.

2. Tempat persembunyian WR Soepratman dari buronan Hindia Belanda

Akibat menciptakan lagu Kebangsaan Indosia Raya WR Soepratman menjadi buronan pihak pemerintah Hindia Belanda. Dari Batavia WR Soepratman mula- mula memilih melarikan dir ke Cimahi, namun di Cimahi persembunyiannya di ketahui, kemudian menyingkir ke Pemalang. Belum begitu lama beliau lari menuju ke Surabaya inilah akhirnya WR Soepratman  tertangkap dan dijebloskan ke Penjara Kalisosok. Di dalam penjara Beliau mengalami penyiksaan sampai 17 hari kemudia. Beliau kemudian dibawa kembali ke rumah kakaknya. Dikisahkan hanya segelintir orang yang mengantar jenasah WR Soepratman dari rumah persemayangannya menuju ke pemakaman di kuburan rangkah.

3.Bangunan rumah wafat WR Soepratman

Bentuk rumah begitu sederhana dengan ukuran 5 x 10 meter menghadap ke arah timur. Dengan luas halaman yang agak sempit. Halaman dihiasin oleh taman dan patung besar WR Soepratman yang sedang memainkan biola. Didalam Rumah terdapat 2 kamar tidur  di sisi kanan dan ruang tamu di sisi kiri. Di ruang tamu terpampang foto – foto WR Soepratman dengan keluarga dan teman dekat. Di pojok ruang tamu terdapat replika baju jas kemeja WR Soepratman. Dikamar depan adalah tempat kamarnya WR Soepratman, terdapat juga pojok sudut lemari berisi Replika Biola yang dimainkan WR Soepratman.

4.Museum Rumah wafat WR. Soepratman di Resmikan di Hari Pahlawan

Sebagai bentuk penghormatan serta penghargaan atas jasa Wage Rudofl Soepratman kepada bangsa indonesia, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan museum WR. Soepratman di Jalan Mangga 21 Surabaya pada Hari Pahlawan tanggal 10 November 2018. Nantinya rumah komponis lagu Kebangsaan Indonesia Raya itu akan menjadi  ikon baru sejarah Kota Pahlawan.

Itulah beberapa fakta dari Museum Rumah WR Soepratman yang mengingatkan sejarah dari pencipta lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Inilah kata – kata terakhir yang diucapkan oleh WR Soepratman

“ Nasibkoe soedah begini, inilah jang disoekai oleh pemerintah Hindia Belanda.

Biarlah saja meninggal saja ikhas. Saja toch soedah beramal,

berdjoeng dengan carakoe, dengan biolakoe, Saja jakin Indonesia Pasti merdeka”

 

 

Penulis : Ade Resty

 

 

 

 

https://www.instagram.com/p/Bsz_0wKBuHU/

Add Comment